TAHAPAN PROSES MEMBUAT KAOS OLEH PABRIK KONVEKSI

Pabrik konveksi biasanya akan membuat berbagai macam model kaos sesuai dengan permintaan konsumen. Hal ini wajar, mengingat kebutuhan pakaian setiap konsumen ini berbeda – beda. Ada yang menjadikan pakaian kaos ini untuk keperluan event, promosi, kampanye, politik, seragam, digunakan sendiri atau di jual kembali. Seperti yang kita tahu bukan, jika kaos produksi pabrik konveksi ini memiliki berbagai macam desain. Mungkin anda juga sering menemukan di pasaran adalah model kaos dengan lubang leher O. Ataupun kaos berkerah seperti wangki atau polo. Akan tetapi tidak hanya desain dan potongan saja yang bervariasi. Akan tetapi untuk model kerah ataupun model lubang leher yang diaplikasikan pada kaos ini pun juga beragam.

Pabrik konveksi

Inilah Proses Atau Tahapan Dalam Membuat Kaos Yang Dikerjakan Oleh Pabrik Konveksi

Model kaos yang di produksi oleh pabrik konveksi ini pun sudah cukup beragam. Terdiri dengan model V-neck, U- neck, Y-neck, turtleneck, Henley dll. Dengan membuat kaos yang memiliki variasi model kerah kaos yang beda – beda.  Maka akan semakin menambah kesan unik pada kaos yang akan anda buat. Tidak hanya itu, untuk pemesanan kaos ini biasanya bebas terutama desain. Dengan begitu konsumen dapat mewujudkan pakaian kaos seperti yang mereka inginkan. Dan berikut ini ada beberapa tahapan dalam membuat kaos diantaranya:

  1. Persiapan

Tahapan pertama yang perlu anda persiapkan untuk proses membuat kaos. Adalah anda perlu menyiapkan mesin jahit serta alat – alat seperti gunting, staples dan jarum pentul. Selain itu anda juga perlu menyiapkan bahan baku kaos dan rib untuk leher kaos. Tidak hanya itu anda juga perlu menyiapkan benang dan pastikan sesuai dengan warna kaos. Jika memang semua kebutuhan anda telah disiapkan jangan lupa juga mengecek bahan kaos yang akan digunakan. Cermati secara detail semua kelengkapan bahan baku ini sebelum memulai pengerjaan kaos.

  1. Pembuatan pola

Tahapan yang kedua yang perlu anda siapkan untuk proses membuat kaos adalah pembuatan pola. Nah, ada pembuatan pola ini bisa anda lakukan baik dengan menggunakan software ataupun secara manual. Akan tetapi memang hasil yang lebih maksimal yang akan anda dapatkan dengan menggunakan software design. Dengan menggunakan software nantinya anda pun akan lebih mudah dalam menentukan varian ukuran kaos yang memang ingin di buat. Misalnya saja seperti ukuran S, M, L XL dan lain sebagainya.

  1. Pemotongan

Tahapan yang ketiga adalah pemotongan. Pastikan anda memotong kain yang sudah anda siapkan dengan menggunakan pola yang sudah siap dan juga sudah di uji coba. Tahap ini bisa anda coba lakukan sendiri atau serahkan kepada penjahit atau konveksi. Terutama jika anda memang ingin memproduksi secara massal atau produksi dengan jumlah besar.

  1. Penjahitan kaos

Tahapan yang keempat adalah proses penjahitan kaos. Untuk proses penjahitan kaos ini mengikuti pola kain yang memang telah terpotong. Dimana pekerjaan ini pun bisa anda kerjakan sendiri atau menyerahkan kepada vendor konveksi.  Nah, pada produksi massal, tim penjahit atau vendor konveksi tersebut. Sudah pasti akan membagi – bagi pekerjaan ke beberapa bagian. Contohnya saja seperti sekelompok penjahit akan mengerjakan bagian lengan saja. Dan sisanya pun akan mengerjakan sebagian tubuh yang lain.

Nah, setelah 4 tahapan ini sudah selesai dilakukan oleh jasa pabrik konveksi, maka tahap selanjutnya adalah kontrol kualitas. Untuk menyeleksi mana produk pakaian yang jelek dan berkualitas. Biasanya produk pakaian yang sudah melewati tahap ini sudah pasti layak untuk anda gunakan.